PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI DIII KESEKRETARIATAN

Profile Lulusan

Capaian Pembelajaran

Sikap

Kemampuan Umum

Kemampuan Khusus

Pengetahuan

  1. Sekretaris yang profesional

ST-1

Bertaqwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religius

KU-1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

KK-2

Mampu secara mandiri menyusun, menganalisis, dan menginterpretasi laporan administrasi dengan mengaplikasikan ilmu sesuai dengan standar administrasi perkantoran.

PP-2

Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang :

1. Kerangka dasar penyajian dan penyusunan laporan kerja sekretaris

2. Kebijakan dan prinsip-prinsip kerja sekretaris

3. Pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan elemen-elemen laporan pertanggungjawaban kinerja sekretaris

ST-2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

KU-2

Mampu menunjukkan kinerja yang mandiri, bermutu, dan terukur

KK-3

Mampu secara mandiri menyusun laporan hasil analisis atas informasi terkait administrasi perkantoran yang relevan dan andal.

ST-3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

KU-3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik

KK-4

Mampu secara mandiri mendisain proses bisnis perbankan dalam suatu sistem informasi yang mendukung penyediaan infomasi berbasis teknologi informasi .

ST-4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

KU-4

Menyusun deskripsi secara ilmiah hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KK-5

Mampu secara mandiri menyusun laporan kinerja sesuai dengan ilmu atau kompetensi tentang administrasi perkantoran yang dimiliki.

ST-5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain

KU-5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KK-6

Mampu secara mandiri mengoperasikan dan memanfaatkan piranti lunak dalam rangka penyusunan laporan supervisi yang mendukung kinerja

ST-6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

KU-6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

ST-7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

KU-7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

PP-5

Memahami etika bisnis dan kode etik administrasi perkantoran

ST-8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

KU-8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

PP-6

Menguasai konsep, prinsip, dan teknik administrasi perkantoran yang meliputi penganggaran rancangan angaran belanja

ST-9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

KU-9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

ST-10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KU-10

Mampu mengkombinasikan kompetensi teknikal dan keahlian profesional untuk menyelesaikan penugasan kerja

Menginternalisasi prinsip-prinsip etika bisnis dan profesi administrasi perkantoran.

PP-7

Menguasai prinsip-prinsip investasi pada aset keuangan

PP-8

Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang kebutuhan informasi yang mendukung kinerja perkantoran

PP-9

Menguasai teknik, prinsip, dan pengetahuan prosedural tentang penggunaan teknologi informasi.

PP-10

Menguasai konsep dan peraturan perpajakan dan hukum bisnis perkantoran

PP-11

Menguasai konsep dan prinsip ilmu perkantoran

PP-12

Menguasai konsep dan prinsip tentang :

1. Organisasi,

2. Tata kelola,

3. Manajemen

4. Lingkungan bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *